Posted by : Unknown Senin, 12 Juni 2017


Proses Masuknya Hindu-Buddha di Indonesia

           Proses masuknya kebudayaan Hindu dan Buddha berlangsung sangat panjang. Keterlibatan berbagai pihak sangatlah menentukan perkembangan kebudayaan ini. Mulai dari pedagang, tokoh agama bahkan hingga orang biasa.
          Menurut Van Leur dan Wolters, hubungan dagang Indonesia dan India lebih dahulu berkembang daripada hubungan dagang yang dilakukan Indonesia dan Cina. Terlibatnya Indonesia dalam kegiatan perdagangan, berakibat terjadinya akulturasi kebudayaan, terutama dengan budaya India, yaitu agama Hindu dan Buddha. Dari hubungan perdagangan tersebut, muncul beberapa teori mengenai proses masuknya budaya Hindu-Buddha ke Indonesia.
TEORI PROSES MASUKNYA HINDU-BUDDHA
1.Teori Brahmana
Teori ini mengungkapkan bahwa kebudayaan Hindu dan Buddha menyebar ke Indonesia di bawa kaum brahmanaKemungkinan teori ini adalah yang paling benar, hal ini terbukti dengan ditemukannya Yupa Kutai yang menyebutkan bahwa penyebaran ajaran Hindu dilakukan melalui upacara keagamaan,
2.Teori Ksatria
Teori ini mengungkapkan bahwa agama Hindu dan Buddha menyebar ke Indonesia karena pengaruh dari para bangsawan. Hal ini dibuktikan dengan adanya koloni baru yang dibentuk orang India di Indonesia.
3.Teori Waisya
Teori ini menyatakan bahwa proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha melalui hubungan dagang antara India dan Indonesia. Para pedagang dari India banyak yang menetap di Indonesia yang kemudian jalinan hubungan itu telah membuka peluang bagi terjadinya proses penyebaran kebudayaan Hindu-Buddha.
4.Teori Sudra
Von van Faber mengungkapkan bahwa peperangan yang terjadi di India telah menyebabkan golongan Sudra menjadi orang buangan. Kemudian mereka meninggalkan India mengikuti kaum Waisya.
5.Teori Arus Balik
Teori ini diungkapkan oleh F.D.K. Bosch, Bosch meyakini bahwa orang Indonesialah yang paling berperan dalam penyebaran Hindu-Buddha di nusantara.

Setelah di awali orang-orang India, penduduk Indonesia yang ingin tahu lebih dalam tentang ajaran Hindu-Buddha langsung berlayar ke India untuk belajar. Kemudian setelah pulang ke Indonesia mereka menyebarkan apa yang sudah mereka pelajari.






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © JURNAL ANIME - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -