Posted by : Unknown Senin, 12 Juni 2017


LAHIRNYA AGAMA  HINDU
LATAR BELAKANG


           Agama Hindu merupakan sinkretisme (perpaduan) antara kepercayaan bangsa Dravida, yang merupakan penduduk asli India, dengan bangsa Arya, yang merupakan bangsa pendatang dari Asia Tengah yang berhasil menaklukkan bangsa Dravida sekitar tahun 1500 SM. Agama Hindu mempunyai konsep politheisme yaitu menyembah banyak dewa. Tiga dewa utama dari umat Hindu adalah dewa Brahma (dewa pencipta), dewa Wisnu (dewa pemelihara) dan dewa Syiwa (dewa perusak) yang ketiganya biasa disebut Tri Murti. Salah satu pokok dalam ajaran Hindu adalah konsep reinkarnasi atau dilahirkan kembali sebagai penebusan dosa karena masih banyaknya dosa dan kesalahan yang dilakukan di kehidupan sebelumnya. Jadi tujuan dari manusia hidup di dunia adalah moksha atau tidak dilahirkan kembali dan tinggal di nirwana yang penuh kenikmatan.
KITAB SUCI AGAMA HINDU




A. Kitab Weda 

terdiri dari empat himpunan (Samhita).

1. Regweda berisi puji-pujian terhadap dewa.

2. Samaweda berisi nyanyian-nyanyian suci yang slokanya diambil dari Regweda.

3. Yayurweda berisi penjelasan tentang sloka-sloka yang diambil dari Regweda.

4. Atharwaweda berisi mantra-mantra yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti (sihir, ilmu gaib, mengusir penyakit, menghancurkan musuh, mengikat cinta, serta memperoleh kedudukan dan kekuasaan).
B. Kitab Brahmana 
    adalah kitab suci yang terdiri keterangan tentang upacara sesaji.
C. Kitab Upanisad 
    adalah kitab suci yang berisi ajaran ketuhanan dan makna hidup.
TINGKATAN DALAM AGAMA HINDU
a.   Kasta Brahmana terdiri atas para  pendeta.
b.   Kasta Ksatria terdiri atas para raja dan  bangsawan.
c.   Kasta Waisya terdiri atas para pedagang  dan kaum buruh menengah.
d.   Kasta Sudra terdiri atas para petani, buruh kecil dan budak.
LAHIRNYA AGAMA BUDDHA
LATAR BELAKANG

Agama Buddha lahir dan berkembang pada abad ke-6 BC. Agama itu diperoleh namanya dari panggilan yang diberikan kepada pembangunnya yang mula-mula Siddharta Gautama (563-483 BC),yang dipanggilkan dengan : Buddha
  Panggilan itu berasal dari akar kata Bodhi (hikmat),yang didalam deklensi (tashrif) selanjutnya menjadi buddhi (nurani),dan selanjutnya menjadi Buddha.Sebab itulah sebutan Buddha pada masa selanjutnya memperoleh berbagai pengertian sebagai berikut: Yang sadar, Yang Cemerlang, Dan yang beroleh terang.
   Panggilan itu diperoleh Siddharta Gautama sesudah menjalani sikap hidup penuh kesucian,bertapa,berkalwat mengembara untuk menemukan kebenaran, dekat tujuh tahun lamanya,dan di bawah sebuah pohon, iapun beroleh hikmat dan terang hingga pohon itu sampai saat ini dipanggilkan pohon Hikmat (Tree of Bodhi)
KITAB SUCI AGAMA BUDDHA
ØSutta Pitaka, berisikan himpunan ajaran dan kotbah Buddha Gautama.
ØVinaya Pitaka, berisikan Pattimokkha,yakni peraturan tata hidup setiap anggota biara-biara (sangha).
ØAbidharma-pitaka, yang ditunjukkan bagi lapisan terpelajar dalam agama Buddha, bermakna : dhamma lanjutan atau dhamma khusus.





























Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © JURNAL ANIME - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -