Posted by : Unknown Senin, 12 Juni 2017



PENGERTIAN SENI GRAFIS

  • Seni grafis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang memanfaatkan teknologi komputer dan teknik cetak. Media pencetakan yang digunakan biasanya menggunakan kertas atau kain. Seni grafis dapat ditemukan di koran, majalah, papan reklame, dan pakaian.
  • Seni grafis adalah karya seni yang dihasilkan melalui proses pencetakan (printing, biasanya pada kertas. Dalam bahasa Inggris, seni grafis disebut printmaking. Hasilnya berupa suatu karya seni yang bisa diperbanyak dengan mudah.
  • Seni grafis(stencil) adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak.


Cetak Stensil


·        Cetak stensil adalah teknik mencetak dengan menggunting kertas sesuai bentuk atau tulisan yang diinginkan, kemudian kertas tersebut ditempelkan dengan kain/papan yang akan diberi cat, dan kertas tersebut dicat/disemprot. Sehingga ketika kertas tersebut dicabut, hasil cat pada kain/papan akan seperti yang telah digunting. Contoh penggunaan cetak stensil adalah spanduk dan papan peringatan.



  • Stensil adalah teknik seni yang menggunakan cetakan sebagai alat utamanya.Seni stensil termasuk salah satu cabang dari seni rupa. Pada awal perkembangannya teknik stensil digunakan untuk keperluan sablon, tanda instansi ataupun plat kendaraan. Penggunaan teknik stensil biasa memakai peralatan seperti pola kertas dan cat semprot. Karena prosesnya yang menggunakan pola tetap, gambar stensil sering ditampilkan berulang-ulang, contohnya pada media tembok. Seni stensil lahir sebagai media kritik kehidupan perkotaan, seperti di Inggris, seni stensil banyak muncul di tempat umum seperti bangunan bekas, lorong kereta bawah tanah, dan tembok-tembok kota. Dalam perkembangannya seni stensil tidak hanya berupa hasil cetakan cat semprot namun juga tampil pada gambar-gambar di majalah, komik, dan media cetak lainnya. Kekuatan pesan seni stensi terletak pada tampilan visual yang sederhana seperti wajah atau sosok, maupun penggunaan satu warna saja.Pesan di dalam seni stensil sering dijadikan sebagai media propaganda pada ruang publik



  • Tiap salinan karya dikenal sebagai ‘impression’. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan , secara teknis disebut dengan matrix. Matrix yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi, di masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas.

    Konsep

    Yang pertama kita lakukan adalah menyiapakan bahan-bahan dan menggambar kertas sesuai ide yang kita onginkan.Lalu potong sesuai garis dan pastikan potongan kertas  sesuai dengan garis.Potong menggunakan cutter pen agar lebih mudah dan tidak terjadi kesalahan saat memotong. Dan jangan lupa untuk gambar bisa di print atau gambar sendiri secara manual.

    Unsur

1. Titik


Yang merupakan unsur dasar karya seni rupa yang terkecil. Segala bentuk wujud yang dihasilkan dimulai dari titik. Sehingga titik menjadi pusat perhatian. Titik yang membesar disebut dengan bintik.

2. Garis


Yang merupakan batas limit dari suatu benda, bidang, ruang, texture, warna dll. Garis memiliki dimensi yang memanjang dengan arah tertentu, memiliki sifat seperti panjang, pendek, lurus, tipis, tebal, vertikal, horizontal, halus, melengkung, berombak, miring, putus-putus, dan masih banyak sifat-sifat lainnya. Garis ini memberikan kesan simbolik, gerak, ide dan lain sebagainya.

3. Bentuk


Bentuk merupakan wujud yang terdapat di alam dan terlihat nyata. Bentuk dapat berarti shape, yakni bentuk benda polos yang muncul tanpa penjiwaan atau hadir secara kebetulan, dapat dilihat hanya sekedar penyebutan sifatnya saja seperti :ornamental, bulat, panjang, tidak teratur, persegi dan lain sebagainya . Dan bentuk plastis atau dalam bahasa inggrisnya form yang berarti bentuk benda yang dapat dilihat dan dirasakan karena memiliki unsur nilai dari benda tersebut, seperti contoh: lemari.

4. Warna


Berdasarkan cahaya, warna dapat dilihat dari tujuh spectrum warna dalam ilmu fisika. Sedangkan secara teorinya, warna dipelajari melalui dua pendekatan dimana salah satunya ialah melalui teori pigmen warna (Goethe) yaitu butiran halus pada warna. Adapun beberapa istilah dalam teori warna pigmen diantaranya yaitu:

  • Warna primer atau warna dasar, yang terdiri dari warna merah, biru dan kuning.
  • Sekunder, warna yang didapat dari campuran kedua warna primer seperti warna jingga, hijau dan ungu.
  • Tersier, ialah warna hasil campuran dari kedua warna sekunder.
  • Analogus, merupakan deretan warna yang letaknya sampingan dalam satu lingkaran warna atau berdekatan, seperti pada deretan warna hijau menuju warna kuning.
  • Komplementer, merupakan warna yang kontras dan letaknya berseberangan dalam satu lingkaran warna, seperti contoh warna merah dengan hijau, warna kuning dengan warna ungu.

5. Gelap Terang


Gelap terang dalam karya seni rupa dua dimensi berfungsi untuk menggambarkan benda seolah gambar tiga dimensi, memberikan kesan ruang / kedalaman, juga memberikan kontras pada gambar.  Tenik gelap terang dibedakan menjadi dua yaitu chiaroscuro yang merupakan peralihan bertahap atau gradasi dan silhouette yakni bayangan tanpa peralihan bertahap atau gradasi

Prinsip

  1. Keselarasan

Suatu kesatuan unsur-unsur karya seni rupa hanya akan dikatakan indah dan memiliki nilai estetis bila mereka berpadu dengan selaras

  • Prinsip keselarasan pada tekhnik stencil ini terletak pada saat kami membuat desain gambar untuk grafik stencil.


  1. Kesebandingan

Kesebandingan atau proporsi adalah prinsip seni rupa yang mengacu pada keteraturan dan penyesuaian dari wujud karya seni rupa yang diciptakan.

  • Prinsip keselarasan pada tekhnik stencil ini terletak pada saat mencutting desain gambar untuk di sablon pada kaos tersebut.


  1. Komposisi

Komposisi sendiri merupakan organisasi dari unsur-unsur seni rupa yang disusun menjadi teratur, serasi, dan menarik.

  • Prinsip komposisi pada tekhnik stencil ini terletak pada saat mencutting desain gambar dan pada saat mengkomposisikan atau menepatkan gambar pada kaos untuk di sablon.


  1. Keseimbangan

Keseimbangan adalah prinsip yang bertanggung jawab pada kesan dari suatu susunan unsur-unsur seni rupa. Unsur-unsur seni rupa yang diatur sedemikian rupa melalui prinsip kesemibangan akan menjadi daya tarik bagi para penikmat karya seni.

  • Prinsip keseimbangan pada tekhnik stencil ini terletak pada saat kami mencetak atau membuat desain gambar dengan melihat bagaimana proporsi gambar tersebut sudah sesuai atau tidak.


Bahan

  • Seniman grafis berkarya menggunakan berbagai macam media dari yang tradisional sampai kontemporer, termasuk tinta ber-basis air, cat air, tinta ber-basis minyak, pastel minyak, dan pigmen padat yang larut dalam air seperti crayon Caran D’Ache. Karya seni grafis diciptakan di atas permukaan yang disebut dengan plat. Teknik dengan menggunakan metode digital menjadi semakin populer saat ini. Permukaan atau matrix yang dipakai dalam menciptakan karya grafis meliputi papan kayu, plat logam, lembaran kaca akrilik, lembaran linoleum atau batu litografi. Teknik lain yang disebut dengan serigrafi atau cetak saring (screen-printing) menggunakan lembaran kain berpori yang direntangkan pada sebuah kerangka, disebut dengan screen. Cetakan kecil bahkan bisa dibuat dengan menggunakan permukaan kentang atau ketela.







  • Kaos. Anda bisa menyablon hampir semua kain, namun kain katun paling cocok bagi pencetak pemula. Jangan lupa untuk mencuci, mengeringkan dan menyetrika sebelum dicetak.
  • Sablon. Tersedia di toko peralatan seni. Pilih yang lebarnya sama seperti kaos.
  • Tinta cetak sablon. Pilih satu atau lebih warna untuk membuat desain.
  • Alat penyapu dari karet. Alat ini digunakan untuk melicinkan tinta di atas sablon dan mengenakannya pada kaos.
  • Kertas kerajinan. Gunakan kertas yang dipotong sama dimensinya dengan sablon.
  • Pisau kerajinan. Ini digunakan untuk memotong desain Anda pada kertas kerajinan.





Cetak Saring


Cetak saring dikenal juga dengan sablon atau serigrafi menciptakan warna padat dengan menggunakan teknik stensil. Mula-mula seniman menggambar berkas pada selembar kertas atau plastik (kadang-kadang dipakai juga film.) Gambar kemudian dilubangi untuk menciptakan stensil. (Bagian yang berlubang adalah bagian yang akan diwarnai.) Sebuah screen dibuat dari selembar kain (asalnya dulu menggunakan sutra) yang direntangkan pada rangka kayu. Selanjutnya stensil ditempelkan pada screen. Kemudian screen diletakkan di atas kertas kering atau kain. Tinta dituangkan di sisi dalam screen. Sebuah rakel dari karet digunakan untuk meratakan tinta melintasi screen, di atas stensil, dan menuju ke kertas atau kain. Screen diangkat ketika gambar sudah ditransfer ke kertas/kain. Tiap warna memerlukan stensil yang terpisah. Screen bisa dipakai lagi setelah dibersihkan.

Contoh

Proses pembuatan

Cetak Saring - Stensil (Tutorial)





Stensil adalah salah satu tehnik yang dikenal pada seni grafis. Ia termasuk kedalam tehnik cetak saring. Selain stensil, dalam cetak saring lebih dikenal juga tehnik sablon.

Dalam stensil, klise/master cetaknya biasanya terbuat dari kertas sheet tag dilubangi dengan mata ketik sehingga membentuk rangkaian huruf. Dengan posisi terbalik, kertas sheet diletakkan pada rol yang telah diberi tinta. Ketika rol diputar, tinta akan merembas dan membentuk rangkaian huruf pada kerta.

Mungkin teorinya kurang lebih seperti itu.

Namun, tehnik stensil yang umum kita jumpai dikehidupan sehari-hari adalah membuat huruf atau bacaan dengan kertas yang dilubangi dan disemprot dengan pilox/tinta semprot.



Dan tehnik stensil yang bisa kuajarkan di kelas adalah tehnik stensil yang menggunakan sikat gigi bekas dan sisir sebagai alat untuk mewarna. Tehniknya, tentu saja dengan tehnik ciprat. Dan hasilnya, hampir menyerupai tehnik semprot.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © JURNAL ANIME - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -